272 Pelamar Ikuti Ujian Tulis CPNS KPU

272 Pelamar Ikuti Ujian Tulis CPNS Sekretariat Jenderal KPU

Pelaksanaan Ujian Tulis CPNS Sekretariat Jenderal KPUKpujatim.go.id Sebanyak 272 peserta tes yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur hari ini Minggu (7/11) mengikuti ujian tertulis CPNS dilingkungan Sekretariat Jenderal KPU tahun 2010 yang dilaksanakan di Kampus Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Jalan Ketintang. Dari jumlah 293 yang lulus administrasi yang telah diumumkan, 21 peserta tidak hadir pada saat tes berlangsung.

Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil di Sekjen KPU, Sekretariat KPU Prov, Sekretariat KPU Kab/Kota tersebut dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. Namun ada di beberapa Provinsi yang pelaksanaan tesnya digabung menjadi satu seperti  pelaksanaan tes yang terjadi  Sekjen KPU, KPU Jawa Barat, KPU DKI dan KPU Banten tempat pelaksanaan tes CPNS dilakukan di Bandung Jawa Barat, sedangkan tes CPNS KPU DI Yogyakarta dan Jawa Tengah dilaksanakan di Jawa Tengah.

Dalam sambutan tertulisnya Sekretaris Jenderal KPU Drs Suripto Bambang Setyadi, M.Si menyampaikan  bahwa, untuk kelancaran tugas-tugas KPU dan untuk memenuhi kebutuhan personil yang ada di Lingkungan Sekjen KPU, Sekretariat KPU Prov dan Sekretariat KPU Kab/Kota, sejak tahun 2007 sampai saat ini KPU telah mengangkat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik dari tenaga honorer maupun pelamar umum sebanyak 3665 orang.

Sesuai surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No:594.F/MPAN-RB/07/2010 tanggal 22 Juli 2010 dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No: 231 Tahun tanggal 20 September 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum Tahun Anggaran 2010, KPU mendapat Formasi Pegawai sebanyak 1.211, yang akan dialokasikan ke Sekjen KPU, sekretriat KPU Prov dan sekretariat KPU Kab/Kota terutama untuk KPU daerah-daerah pemekaran.

Untuk peserta CPNS KPU Prov Jawa Timur Mereka akan memperebutkan 95 Formasi tersedia yang akan ditempatkan di wilayah kerja Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur.Melihat jumlah peserta yang mengikuti tes tertulis maka perbandingannya 1:3 (1 Formasi diperebutkan oleh 3 peserta tes).

Materi Tes tertulis terdiri dari soal tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Bakat Slolastik (TBS), Tes Wawasan Kepemiluan dan Tes Bahasa Inggris yang harus dikerjakan dalam waktu 150 menit.Namun menurut peserta dari sejumlah materi tes tersebut yang paling berat adalah tes Bahasa Inggris.”Soal Bahasa Inggris sulit” demikian kata Imam Safi’i salah seorang peserta tes dari Surabaya yang mengambil Formasi Akuntansi.Dia sudah keluar 30 menit setelah soal dibagikan.

Tampak hadir memantau pelaksanaan tes terulis Sarmada, SE (Kasubag Pengadaan Dan Penempatan) Biro SDM Sekretariat Jenderal KPU, Umar (Kasubdid Pengadaan PNS) Badan Kepegawaian Negara, Siswo Heroetoto,SH, M.Hum,MM (Sekretaris KPU Prov Jawa Timur).Pemantauan Pelaksanaan Tes Tulis CPNS Sekjend KPU

Saat ditanya tentang pelaksanaan tes tersebut dan adanya kemungkinan adanya percaloan, Kasubdid Pengadaan PNS Badan Kepegawaian Negara,  Umar mengatakan, “Pelaksanaan tes CPNS tersebut cukup bagus untuk mengisi kekosongan formasi yang belum ada yang memang  setiap tahun anggaran bahwa pegawai negeri Sipil diadakan untuk kemajuan Organisasi”. Untuk masalah adanya pencaloan dalam Penerimaan CPNS lebih lanjut Umar mengatakan, “Permasalahannya tingkat senstifitas kita ini kan gak ada, lebih percaya kepada orang luar yang tidak bertanggung jawab daripada dengan institusnyai yang resmi, panitia sendiri sudah cukup transparan, peraturan sudah jelas, petunjuk juga sudah jelas melalui Internet, media masa, media elektronik hanya permasalahan masyarakat yang tidak mau mengerti”.

Pembakaran Soal Setelah Selesai Pelaksanaan Tes TulisSementara ini saat ditemui sebelum pembakaran soal-soal setelah pelaksanaan tes CPNS, Sekretaris KPU Prov Jatim Siswo Heroetoto mengatakan bahwa, “KPU Provinsi hanya sebagai penyelenggara untuk kegiatan tesnya, kemudian untuk penentuan lulus atau tidaknya itu sepenuhnya pusat (Sekretariat Jenderal KPU).Untuk pelaksanaan tes ini memang KPU Prov Jawa Timur bekerjasama dengan UNESA mulai proses pendaftaran, seleksi administrasi sampai pelaksanaan tes. Allhamdullillah untuk tes KPU ini belum ada informasi atau kita temukan yang ada hubungannya dengan calo CPNS itu dan karena memang ini semuannya dilakukan dengan sikap kehati-hatian, sehingga kita bisa melaksanakan sesuai dengan apa yang diminta oleh KPU pusat.Dan saya menghimbau kalau ada pihak-pihak tertentu yang bisa menjanjikan bisa meloloskan dalam tes KPU ini, untuk tidak ditanggapi dan tidak diberikan kesempatan".

Untuk pemeriksaan hasil seleksi itu sendiri Komisi Pemilihan Umum bekerja sama dengan pihak ketiga yang bertujuan untuk menjamin obyektivitas, transparansi, dan akuntabel dalam pelaksanaan seleksi, sehingga proses hasil seleksi ini akan mendapatkan sumber daya Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas.

Dan Hasil Ujian tulis tersebut akan diumukan tanggal 19 November 2010 yang akan datang melalui website.

 

Kontak Kami

KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Raya Tenggilis No. 1 - 3 Surabaya
Telp: 031-8484827, 8484828
Fax: 031-8484826
Email:  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  / Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  
 

kait3